Tugas softkill E-commerce dan Definisi Bisnis TIK

Tugas softkill E-commerce dan Definisi Bisnis TIK

Pengertian E-Commerce :
E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer. E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya. Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.
Pengertian E-Business :
 E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online melalui www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran, hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer dilakukan secara elektronik. E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki cakupan yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.
Dalam kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :
1.    Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2.    Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3.    Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4.    Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5.    Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi)
Sasaran dari e-business adalah pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis. Tahapan E-business Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, diantaranya sebagai berikut:
1.    Mendayagunakan komputer
2.    Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
3.    Membangun dan mendayagunakan web E – commerce 
Kali ini saya akan membahas tentang carousell aplikasi jual beli online , jual beli adalah sesuatu yang sudah sangat tua. Eksistensinya sudah ada sejak zaman purbakala dan bila diingat, orang menggunakan sistem barter sebelum mulaiMeski begitu sistem yang melatari kegiatan jual beli terus berubah sesuai perkembangan zaman. Sekarang, sistem jual beli online merajalela di kalangan masyarakat luas. Demi menghadirkan pengalaman berjual beli online yang nyaman dan nyaman, bermacam-macam konsep diciptakan guna mendukung tujuan tersebut.
Tidak terkecuali dengan konsep yang diterapkan oleh Carousell, sebuah app jual beli online dengan konsep lain daripada yang lain.
Saya melihat Carousell sebagai sebuah app jual beli dengan konsep jejaring sosial. Pengguna (pembeli/penjual) bisa melihat daftar produk yang dijual oleh pengguna lainnya, dan membelinya hingga melakukan negosiasi harga dengan sang penjual secara langsung, tanpa perlu keluar dari aplikasi tersebut. Tidak perlu lagi bertukar nomor ponsel, tidak perlu lagi bertukar pin BBM. Seluruh proses jual beli dari awal hingga akhir bisa kamu selesaikan di Carousell.

Cara Berjualan di Carousell
Proses Olah Data Barang Dagangan
Proses Olah Data Barang Dagangan
Alur yang singkat dan tidak bikin repot, itu kesan pertama saya ketika mulai berjualan lewat Carousell. Tidak banyak langkah yang harus saya ambil dan tidak perlu menunggu penilaian apapun untuk menjual barang. Hal ini membuat proses penjualan sangat cepat.
Hanya beberapa langkah saja yang perlu kamu lakukan untuk mulai menjual barang lewat Carousell:
1.   Tap di tab sell (ikon Camera)
2.   Foto barang daganganmu
3.   Olah foto daganganmu
4.   Tambahkan deskripsi
5.   Jual
Saya agak kaget karena di saat harus menambahkan deskripsi mengenai barang dagangan saya, saya hanya perlu mengisi 3 kolom saja; CategoryItem dan Price. Kolom Category berfungsi mengklasifikasikan jenis produk yang kamu jual. Kolom Item adalah tempat bagimu mendeskripsikan barang daganganmu dengan kata-kata dan Price adalah kolom harga.
Selain mengisi kolom-kolom tersebut, di bagian ini kamu juga bisa menambahkan 3 foto lainnya – tanpa perlu mengolahnya lagi – guna mendukung barang daganganmu. Dan sesudah tahapan ini kamu tuntaskan, barang daganganmu siap untuk dijajakan.

Cara Berbelanja di Carousell
Masukkan Penawaran Harga Secara Langsung
Masukkan Penawaran Harga Secara Langsung
Cara berbelanja lewat Carousell sangat inovatif. Seperti yang sudah saya singgung di bagian awal ulasan ini, Carousell menyematkan konsep jejaring sosial yang kental di dalamnya. Kamu bisa memberikan Likes dan mengomentari sebuah barang dagangan. Dan jika dirasa kamu suka akan sebuah produk, kamu bisa langsung melakukan penawaran harga sekaligus chat dengan sang penjual.
Sekali lagi saya tekankan seluruh proses berbelanja bisa kamu lakukan di dalam Carousell.
Adapun hal-hal yang akan kamu lewati untuk berbalanja di Carousell adalah:
1.   Pilih kategori produk
2.   Pilih barang yang kamu ingini
3.   Tap “Chat to Buy”
4.   Masukkan harga penawaran
5.   Lakukan negosiasi
Jujur saya agak terkejut ketika pertama kali Kuswanto memperkenalkan saya terhadap Carousell, saat Startup Asia 2013 kemarin berlangsung. Fitur tawar harga secara langsung ditambah fitur chat dengan penjual buat negosiasi adalah sesuatu yang baru buat saya.

Kelebihan dan Kekurangan
Tombol Yang Kurang Presisi
Tombol Yang Kurang Presisi
Kelebihan Carousell sudah jelas terlihat. Konsep jual beli yang diusung sungguh inovatif; menjalankan rantai jual beli dari awal hingga akhir tanpa perlu keluar dari aplikasi sekali. Tampilan Carousell yang ramah dan sederhana juga berperan besar dalam memudahkan pengguna melakukan jual beli.
Meski begitu, saya agak bosan dengan featured image yang dipajang di bagian kategori produk. Awalnya saya kira gambar tersebut adalah barang dagangan dari user lainnya, tapi, setelah keluar masuk beberapa kali dari Carousell, ternyata gambar di bagian tersebut tidak kunjung berubah. Selain itu, saat proses pengolahan gambar, tombol “Back” dan “Done” di bagian atas juga terlihat kurang presisi.
Akhir Kata
Barang Dagangan Saya di Carousell
Carousell bisa menjadi sarana jual beli yang menjanjikan apabila produk-produk yang dijual sudah mulai beragam. Tentu saja perlu adanya pemasaran yang lebih lagi buat Carousell karena kesuksesan aplikasi ini, ditentukan oleh tingkat keragaman produk di dalamnya. Apakah banyak produk unik dan menarik di dalamnya, atau malah itu-itu saja?

Buat para penjual, silahkan coba Carousell karena saya rasa Carousell telah melakukan pekerjaan yang bagus dengan menghadirkan konsep jual beli yang inovatif dan berpotensi mendatangkan banyak pembeli ke dalamnya. Buat para penggiat belanja online, coba juga Carousell karena setelah ini, harusnya akan banyak pedagang yang datang ke dalamnya.
Sumber : https://www.makemac.com/review-carousell/



Selanjutnya saya akan membahas tentang PI , rencananya saya akan membuat aplikasi tentang pencarian tempat makan, dalam aplikasi tersebut tercantum lokasi , harga, serta menu makanan dan minuman dari masing-masing resto. Disini saya menggunakan android studio, dan dalam menyusun penelitian ini saya di bimbing oleh Bapak Erik. Dan kelebihan aplikasi tersebut seperti yang saya jelaskan sebelumnya, aplikasi ini dapat memudahkan orang orang sekitar untuk mencari tepat makan terdekat dengan sangat detail. Saya akan promosika melalui aplikasi store android.







https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmAY-eem5aDW4ekP_Q5gEwXPtnhxgja1QqCED0IDm7qlBSDcWruCAJfwL3ohgmqrs6rn45oxCVCpkEwBfB3lbX95hggMQn0caW7Oxh9MwtLQAiIZA4RCF7GQ07lkEmpPvep7S0PRYyz68/s320/LOGO-UNIVERSITAS-GUNADARMA-LAMPUNG-BANDAR-GAMBAR-FOTO-JPG-1.jpg



Disusun oleh:
                                      Nama  : Ulfa Naziihah Carolline
                                      NPM   : 5A414927
                                      Kelas  : 4IA08
                                      Dosen : Siti Saidah


UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK

PTA 2017/2018

Komentar

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aspek pemasaran PT.Panasonic

Regulasi dan prosedur pengadaan barang dan jasa