Tugas softkill E-commerce dan Definisi Bisnis TIK
Tugas
softkill E-commerce dan Definisi Bisnis TIK
Pengertian E-Commerce :
E-Commerce
atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan
dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan
sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer. E-commerce
juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik
seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan
data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer
dan lain sebagainya. Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan
sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih
luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.
Pengertian E-Business :
E-business adalah kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti
komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara
online melalui www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran,
hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer
dilakukan secara elektronik. E-business memiliki karakteristik tujuan
yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki
cakupan yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti
halnya rapat ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner
bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk
memperoleh tujuannya.
Dalam
kegiatan e-business, ada lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan
transaksinya, yaitu :
1.
Business to Business
(perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2.
Business to Consumer
(perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3.
Consumer to Consumer
(perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
4.
Consumer to Business
(perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
5.
Intrabusiness e-business
(perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang,
jasa, dan informasi)
Sasaran dari
e-business adalah pasar atau market. Menurut Forrester Research, telah terjadi
perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung
dalam internet, termasuk penggunanya. E-business market ini menyimpan peluang
omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis. Tahapan E-business
Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan
e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business,
diantaranya sebagai berikut:
1.
Mendayagunakan komputer
2.
Mendayagunakan jaringan dan
internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
3.
Membangun dan mendayagunakan
web E – commerce
Kali ini saya akan
membahas tentang carousell aplikasi jual beli online , jual beli adalah sesuatu
yang sudah sangat tua. Eksistensinya sudah ada sejak zaman purbakala dan bila
diingat, orang menggunakan sistem barter sebelum mulaiMeski begitu sistem yang
melatari kegiatan jual beli terus berubah sesuai perkembangan zaman. Sekarang,
sistem jual beli online merajalela di kalangan masyarakat luas. Demi
menghadirkan pengalaman berjual beli online yang nyaman dan nyaman,
bermacam-macam konsep diciptakan guna mendukung tujuan tersebut.
Tidak terkecuali dengan konsep yang diterapkan oleh Carousell, sebuah app
jual beli online dengan konsep lain daripada yang lain.
Saya melihat Carousell sebagai sebuah app jual beli dengan konsep jejaring
sosial. Pengguna (pembeli/penjual) bisa melihat daftar produk yang dijual oleh
pengguna lainnya, dan membelinya hingga melakukan negosiasi harga dengan sang
penjual secara langsung, tanpa perlu keluar dari aplikasi tersebut. Tidak perlu
lagi bertukar nomor ponsel, tidak perlu lagi bertukar pin BBM. Seluruh proses
jual beli dari awal hingga akhir bisa kamu selesaikan di Carousell.
Cara Berjualan di Carousell

Proses Olah
Data Barang Dagangan
Alur yang singkat dan tidak bikin repot, itu kesan pertama saya ketika mulai
berjualan lewat Carousell. Tidak banyak langkah yang harus saya ambil dan tidak
perlu menunggu penilaian apapun untuk menjual barang. Hal ini membuat proses
penjualan sangat cepat.
Hanya beberapa langkah saja yang perlu kamu lakukan untuk mulai menjual
barang lewat Carousell:
1. Tap di tab sell (ikon
Camera)
2. Foto barang daganganmu
3. Olah foto daganganmu
4. Tambahkan deskripsi
5. Jual
Saya agak kaget karena di saat harus
menambahkan deskripsi mengenai barang dagangan saya, saya hanya perlu mengisi 3
kolom saja; Category, Item dan Price. Kolom Category berfungsi mengklasifikasikan jenis produk
yang kamu jual. Kolom Item adalah
tempat bagimu mendeskripsikan barang daganganmu dengan kata-kata dan Price adalah kolom harga.
Selain mengisi kolom-kolom tersebut, di bagian ini kamu juga bisa
menambahkan 3 foto lainnya – tanpa perlu mengolahnya lagi – guna mendukung
barang daganganmu. Dan sesudah tahapan ini kamu tuntaskan, barang daganganmu
siap untuk dijajakan.
Cara Berbelanja di Carousell

Masukkan
Penawaran Harga Secara Langsung
Cara berbelanja lewat Carousell sangat
inovatif. Seperti yang sudah saya singgung di bagian awal ulasan ini, Carousell
menyematkan konsep jejaring sosial yang kental di dalamnya. Kamu bisa
memberikan Likes dan mengomentari sebuah
barang dagangan. Dan jika dirasa kamu suka akan sebuah produk, kamu bisa
langsung melakukan penawaran harga sekaligus chat dengan
sang penjual.
Sekali lagi saya tekankan seluruh proses berbelanja bisa kamu lakukan di
dalam Carousell.
Adapun hal-hal yang akan kamu lewati untuk berbalanja di Carousell adalah:
1. Pilih kategori produk
2. Pilih barang yang kamu
ingini
3. Tap “Chat to Buy”
4. Masukkan harga
penawaran
5. Lakukan negosiasi
Jujur saya agak terkejut ketika pertama
kali Kuswanto memperkenalkan saya terhadap Carousell, saat Startup Asia 2013
kemarin berlangsung. Fitur tawar harga secara langsung ditambah fitur chat dengan penjual buat negosiasi adalah sesuatu
yang baru buat saya.
Kelebihan dan Kekurangan

Tombol Yang
Kurang Presisi
Kelebihan Carousell sudah jelas terlihat. Konsep jual beli yang diusung
sungguh inovatif; menjalankan rantai jual beli dari awal hingga akhir tanpa
perlu keluar dari aplikasi sekali. Tampilan Carousell yang ramah dan sederhana
juga berperan besar dalam memudahkan pengguna melakukan jual beli.
Meski begitu, saya agak bosan dengan featured image yang dipajang di bagian
kategori produk. Awalnya saya kira gambar tersebut adalah barang dagangan dari user
lainnya, tapi, setelah keluar masuk beberapa kali dari Carousell, ternyata
gambar di bagian tersebut tidak kunjung berubah. Selain itu, saat proses
pengolahan gambar, tombol “Back” dan “Done” di bagian atas juga terlihat kurang
presisi.
Akhir Kata

Carousell bisa menjadi sarana jual beli yang menjanjikan apabila
produk-produk yang dijual sudah mulai beragam. Tentu saja perlu adanya
pemasaran yang lebih lagi buat Carousell karena kesuksesan aplikasi ini,
ditentukan oleh tingkat keragaman produk di dalamnya. Apakah banyak produk unik
dan menarik di dalamnya, atau malah itu-itu saja?
Buat para penjual, silahkan coba Carousell karena saya rasa Carousell telah
melakukan pekerjaan yang bagus dengan menghadirkan konsep jual beli yang
inovatif dan berpotensi mendatangkan banyak pembeli ke dalamnya. Buat para
penggiat belanja online, coba juga Carousell karena setelah ini, harusnya akan
banyak pedagang yang datang ke dalamnya.
Sumber : https://www.makemac.com/review-carousell/
Selanjutnya saya akan membahas tentang PI , rencananya saya akan membuat aplikasi tentang pencarian tempat makan, dalam aplikasi tersebut tercantum lokasi , harga, serta menu makanan dan minuman dari masing-masing resto. Disini saya menggunakan android studio, dan dalam menyusun penelitian ini saya di bimbing oleh Bapak Erik. Dan kelebihan aplikasi tersebut seperti yang saya jelaskan sebelumnya, aplikasi ini dapat memudahkan orang orang sekitar untuk mencari tepat makan terdekat dengan sangat detail. Saya akan promosika melalui aplikasi store android.
Selanjutnya saya akan membahas tentang PI , rencananya saya akan membuat aplikasi tentang pencarian tempat makan, dalam aplikasi tersebut tercantum lokasi , harga, serta menu makanan dan minuman dari masing-masing resto. Disini saya menggunakan android studio, dan dalam menyusun penelitian ini saya di bimbing oleh Bapak Erik. Dan kelebihan aplikasi tersebut seperti yang saya jelaskan sebelumnya, aplikasi ini dapat memudahkan orang orang sekitar untuk mencari tepat makan terdekat dengan sangat detail. Saya akan promosika melalui aplikasi store android.

Disusun oleh:
Nama : Ulfa Naziihah Carolline
NPM : 5A414927
Kelas : 4IA08
Dosen : Siti Saidah
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
PTA 2017/2018
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id