Aspek pemasaran PT.Panasonic

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmAY-eem5aDW4ekP_Q5gEwXPtnhxgja1QqCED0IDm7qlBSDcWruCAJfwL3ohgmqrs6rn45oxCVCpkEwBfB3lbX95hggMQn0caW7Oxh9MwtLQAiIZA4RCF7GQ07lkEmpPvep7S0PRYyz68/s320/LOGO-UNIVERSITAS-GUNADARMA-LAMPUNG-BANDAR-GAMBAR-FOTO-JPG-1.jpg



Disusun oleh:
                                      Nama  : Ulfa Naziihah Carolline
                                      NPM   : 5A414927
                                      Kelas  : 4IA08
                                      Dosen : Siti Saidah


UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
PTA 2017/2018
BAB I



PENDAHULUAN



          Assalamualaikum wr wb, saya ulfa naziihah mahasiswi dari universitas gunadarma jurusan teknik informatika, pada pendahuluan ini saya akan membahas sedikit tentang ringkasan materi yang akan saya buat yaitu saya akan membahas tentang aspek dari perusahaan, perusahaan yang saya bahas yaitu PT.Panasonic, disini saya akan membahas tentang bagaimana PT.Panasonic memasarkan produk nya, spesifikasi dari produk mereka, dan bagaimana cara mereka tentang persaingan di pasaran.







































BAB II


1.    Nama Perusahaan
PT. PANASONIC GOBEL INDONESIA
2.  Bentuk Perusahaan
PT. PANASONIC GOBEL INDONESIA merupakan anak buah perusahaan dari
PT. PANASONIC CORPORATION
3.  History
Sejarah Panasonic Gobel Indonesia
Dengan semangat nasionalisme untuk membuat sebuah alat komunikasi bagi bangsa Indonesia, pada tahun 1954 Drs. H Thayeb Moh.Gobel mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang merupakan pelopor dari Pabrik Radio Transistor pertama di Indonesia dengan brand “Tjawang”.
Tahun 1957, Drs, Thayeb Moh Gobel menerima beasiswa Colomba Plan dimana dia melanjutkan studi ke Jepang dan bertemu dengan Mr. Konosuke Matsushita, pendiri dari Masushita Electric Indrustrial Co.Ltd. Hingga di tahun 1960 Drs. H. Thayeb Moh.Gobel atas nama PT Transistor Radio Manufacturing menandatangi perjanjian kerjasama " Technical Assistance Agreement" dengan Matsushita Electric Industrial Co. Ltd, (Jepang).
Bisnis pun semakin berkembang dan hingga akhirnya pada tanggal 27 Juli 1970 terbentuklah Joint Venture dengan Panasonic Corporation dibawah PT National Gobel yaitu perusahaan penyedia peralatan rumah tangga.
Hingga tahun 1991 didirikan PT National Panasonic Gobel yang merupakan satu satunya agen retail NABEL dan MGBI dan PT Matsushita Kotobuki Electric Indonesia yang mengekspor VCR, CD-ROM, dan TV.
Pada tahun 2004, merek “National “ bertransformasi menjadi “Panasonic” dan nama perusahaan juga berganti menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia. Panasonic menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia. Berbagai macam produk elektronik yang dijual meliputi digital AV, kesehatan dan kecantikan, komunikasi, kehidupan pusat inovasi, peralatan rumah, AV profesional, dan solusi bisnis.




II.        Spesifikasi Produk / Jasa

Seri TB35N, 36N, 38N, 39N
BARU
·         Program 24-jam
·         Permukaan dan dudukan rel-DIN
·         Baterai cadangan 300 jam (TB38N, 39N)
·         Penggantian baterai dari sisi depan.
·         96 pengoperasian per hari
·         Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·         Mudah dibaca dan disetel, layar jam.
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb35n_36n_38n_39n_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe dudukan permukaan
Seri TB35N, 38N (Tipe kotak baja)
BARU
·         Kotak baja kuat
·         Program 24 jam
·         Dudukan permukaan
·         Baterai cadangan 300 jam (TB38N)
·         Penggantian baterai dari sisi depan.
·         96 pengoperasian per hari
·         Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·         Mudah dibaca dan disetel, layar jam.
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb35n_38n_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe dudukan permukaan
Seri TB43N (Tahan cuaca)
BARU
·         Tipe tahan cuaca (IP53)
·         Program 24 jam
·         Dudukan permukaan
·         Baterai cadangan 300 jam
·         Penggantian baterai dari sisi depan.
·         96 pengoperasian per hari
·         Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·         Mudah dibaca dan disetel, layar jam.
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb43n_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe dudukan permukaan
Seri TB17N, TB11N
BARU
·         Program 24 jam
·         Pengoperasian HIDUP/MATI diatur dengan pin terpisah
·         Dengan saklar HIDUP/MATI manual
·         Baterai cadangan 300 jam (TB11N)
·         Penggantian baterai dari sisi depan.
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb17n_tb11n_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe permukaan & dudukan rel DIN
Seri TB21
·         Mudah disetel dengan saklar pengganti mode
·         Kapasitas tinggi Beban resistif: 30A,
Beban induktif (cosø=0,6): 12A
·         Program 24 jam (TB2118) / Program mingguan (TB2128)
·         Permukaan dan dudukan rel-DIN
·         Baterai cadangan 5 tahun
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb21_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe dudukan rel DIN
Seri TB559, 556, 564, 563
·         Program 24 jam (TB559, TB556)
·         Program mingguan (TB564, TB563)
·         Cadangan baterai 300 jam (TB556, TB563)
·         Dengan pin penyetelan logam kuat
·         Modul DIN 3P
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb559_556_564_563_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
*1. Akurasi waktu operasi ±30 menit.
Tipe dudukan rel DIN
Seri TB62 (Digital)
·         Tipe mingguan
·         Baterai cadangan 6 tahun
·         Dengan tombol HIDUP/MATI manual
·         Penguncian tombol manual dapat diterapkan
·         Fungsi penyetelan hari libur
·         Fungsi pergantian ±1 jam
·         Modul DIN 2P
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb62_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe dudukan panel DIN 72
Seri TB37, TB45
·         Program 24 jam
·         Baterai cadangan 180 jam (TB45)
·         Penggantian baterai dari sisi belakang.
·         96 pengoperasian per hari
·         Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·         Dengan saklar manual HIDUP/OTOMATIS/MATI
·         Mudah dibaca dan disetel, layar jam.
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb37_tb45_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi
Tipe dudukan panel DIN 72
Seri TB27
·         Mudah disetel dengan saklar pengganti mode
·         Program 24 jam (TB271018) / Program mingguan
(TB272018)
·         Pemasangan panel DIN 72
·         Baterai cadangan 5 tahun
https://panasonic.net/es/id/products/products01/timeswitch/product_information/img/tb27_img.png
Ukuran (satuan: mm)
Spesifikasi

III.        Segmentasi Produk / Jasa
di mana perusahaan Panasonic berusaha untuk memasarkan produknya di Indonesia dan sampai keluar negri. Biasanya tergantung pada kualitas produk perusahaan dan sifat kompetisi yang mempekerjakan perusahaan saingan dalam mencoba untuk memperluas pangsa pasar.
Bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pansonic adalah :
Produk: produk Panasonic dengan berbagai bentuk penawaran mulai dari produk listrik rumah hi-fi sistem untuk peralatan penyiaran dan alat elektroni seperti Televisi, lemari es, Air Connditioner (AC) khususnya mesin cuci dan masih banyak lagi, Sehingga panasonic merupakan salah satu perusahaan unik bagi para pesaingnya.
Harga:  Harga merupakan alat yang penting dalam kompetisi dan dengan demikian perusahaan menggunakannya sebagai mekanisme untuk mengalahkan atau menjatuhkan para pesaingnya dalam memasarkan pruduk. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini menjadi pemimpin pasar karena harga murah terkait dengan produk yang ditawarkannya dari pada harga produk yang tawarkan oleh pesaingnya.
Strategi manajemen saluran distribusi. Selama ini Panasonic masuk lewat saluran tradisional maupun modern. Pt Panasonic menjual melalui ritel modern, special store, distributor independen, serta cabang pemasaran. Kontribusi terbesar terhadap total penjualan selama ini datang dari ritel modern.
1.    Tempat: Merupakan saluran distribusi penjualan setiap perusahaan dan perusahaan Panasonic memiliki saluran distribusi terbaik yang telah mengakibatkan peningkatan tingkat keuntungan perusahaan.
2.    Promosi: Perusahaan Panasonic telah terlibat sendiri dalam kegiatan promosi produk hingga ke Inggris dan hasil yang signifikan telah dicapai karena konsumen telah merespon dengan baik produk-produk panasonic.
3.    Alat yang digunakan sabagai bauran komunikasi terhadap masyarakat yang dilakukan Panasonic:
Kegiatan : biasanya panasonic mengadakan suatu kegiatan sepeti jalan santai, acara hari kemerdekan dan lain-lain. biasanya produk panasoni merupakan salah satu doorprice yang diberika terhadap masyarakat, itu bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor : panasonic sering memberikan sposor dalam acara-acara besar seperti frestival Band dan sebagainya dan itu juga salah satu usaha agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.

Sponsor Panasonic dibuat dengan memberi dukungan untuk sejumlah acara dan kegiatan yang menyuarakan filosofi untuk memberi sumbangan kepada masyarakat dengan menyediakan teknologi modern.

IV.        Analisis Situasi Pasar
 Tahun fiskal Panasonic pada periode April 2012-Maret 2013, produsen asal Jepang tersebut mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 17%. Di tahun fiskal sekarang, yakni April 2013-Maret 2014, Panasonic menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 20%. Untuk mencapai target tersebut, tentunya perusahaan yang berkantor pusat di Osaka Jepang tersebut harus mempunyai strategi jitu.
Strategi di 2013, mengusung tiga pilar yang akan jadi backbone(tulang punggung) perusahaan agar bisa terus tumbuh dengan baik,"

Tiga pilar utama Panasonic tersebut adalah Air Conditioner (AC), kulkas, dan mesin cuci.  Ketiga produk ini juga yang menjadi penyokong terbesar penjualan Panasonic di tahun fiskal lalu hingga mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 17%. Dengan pertumbuhan 17% tersebut,  Panasonic meraih pangsa pasar penjualan di Indonesia sebesar 15%.
V.        Analisis Pesaing
1.    Ancaman dari pendatang baru
Para pendatang baru memiliki kapasitas atau kemampuan yang lebih dalam menjalankan usahanya untuk merebut pangsa pasar para pesaingnya.


2.    Daya tawar pembeli
Para pembeli produk Panasonic diantaranya konsumen awam, pebisnis dan industri. Daya tawar pembeli dapat mempresentasikan kekuatan intensitas persaingan di suatu industri
VI.        Strategi Promosi
Perusahaan pun tidak hanya mengandalkan penjualan produk-produk rumah tangga. Panasonic mengembangkan bisnis system solutions, di mana produknya seperti produk kamera keamanan (CCTV) dan papan tulis elektrik untuk sekolah (panaboard). Inilah yang disebut dengan strategi kategori utama. Bisnis ini pun berkembang pesat dengan pertumbuhan lebih dari 20 persen di kuartal I tahun ini.
Kelima strategi pemasaran yang dijalankan berbuah manis. Pertumbuhan penjualan tercatat 15 persen. Produk yang memberikan kontribusi besar bagi penjualan adalah TV, audio, AC, dan kulkas.

VII.        Media Promosi berbasis TI
1.    Advertising pada website public yang sering atau paling banyak dikunjungi pengguna.
2.    Melalui facebook dan web web lainnya

VIII.        Komentar

Menurut saya produk ini sangat bagus dan bermanfaat, dijaman yang modern ini banyak produk yang semakin berkembang dan perusahaan ini telah mengembangkan beberapa produk sesuai era di jaman ini. Terutama dengan adanya web. Dengan ada nya website tentang PT Panasonic ini memudahkan orang untuk mendapat informasi dan mengupdate tentang apa saja barang yang terbaru.
Pada website tersebut terdapat spesifikasi dari barang barang yang ada pada website tersebut. Dan PT Panasonic ini juga sudah terpercaya dan memiliki beberapa penghargaan karna setiap barang yang di produksinya tidak diragukan lagi. Apalagi barang barang yang ada pada PT Panasonic ini adalah barang barang atau alat kebutuhan rumah tangga.

Komentar

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas softkill E-commerce dan Definisi Bisnis TIK

Regulasi dan prosedur pengadaan barang dan jasa