Aspek pemasaran PT.Panasonic

Disusun oleh:
Nama : Ulfa Naziihah Carolline
NPM : 5A414927
Kelas : 4IA08
Dosen : Siti Saidah
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
PTA 2017/2018
BAB I
PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr wb, saya ulfa
naziihah mahasiswi dari universitas gunadarma jurusan teknik informatika, pada
pendahuluan ini saya akan membahas sedikit tentang ringkasan materi yang akan
saya buat yaitu saya akan membahas tentang aspek dari perusahaan, perusahaan
yang saya bahas yaitu PT.Panasonic, disini saya akan membahas tentang bagaimana
PT.Panasonic memasarkan produk nya, spesifikasi dari produk mereka, dan
bagaimana cara mereka tentang persaingan di pasaran.
BAB II
1.
Nama Perusahaan
PT.
PANASONIC GOBEL INDONESIA
2. Bentuk
Perusahaan
PT.
PANASONIC GOBEL INDONESIA merupakan anak buah perusahaan dari
PT.
PANASONIC CORPORATION
3. History
Sejarah
Panasonic Gobel Indonesia
Dengan
semangat nasionalisme untuk membuat sebuah alat komunikasi bagi bangsa
Indonesia, pada tahun 1954 Drs. H Thayeb Moh.Gobel mendirikan PT Transistor
Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta yang merupakan pelopor dari Pabrik Radio
Transistor pertama di Indonesia dengan brand “Tjawang”.
Tahun
1957, Drs, Thayeb Moh Gobel menerima beasiswa Colomba Plan dimana dia
melanjutkan studi ke Jepang dan bertemu dengan Mr. Konosuke Matsushita, pendiri
dari Masushita Electric Indrustrial Co.Ltd. Hingga di tahun 1960 Drs. H. Thayeb
Moh.Gobel atas nama PT Transistor Radio Manufacturing menandatangi perjanjian
kerjasama " Technical Assistance Agreement" dengan Matsushita
Electric Industrial Co. Ltd, (Jepang).
Bisnis
pun semakin berkembang dan hingga akhirnya pada tanggal 27 Juli 1970
terbentuklah Joint Venture dengan Panasonic Corporation dibawah PT National
Gobel yaitu perusahaan penyedia peralatan rumah tangga.
Hingga
tahun 1991 didirikan PT National Panasonic Gobel yang merupakan satu satunya
agen retail NABEL dan MGBI dan PT Matsushita Kotobuki Electric Indonesia yang
mengekspor VCR, CD-ROM, dan TV.
Pada
tahun 2004, merek “National “ bertransformasi menjadi “Panasonic” dan nama
perusahaan juga berganti menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia. Panasonic
menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia. Berbagai macam produk
elektronik yang dijual meliputi digital AV, kesehatan dan kecantikan,
komunikasi, kehidupan pusat inovasi, peralatan rumah, AV profesional, dan
solusi bisnis.
II. Spesifikasi
Produk / Jasa
Seri TB35N, 36N, 38N,
39N
·
Program 24-jam
·
Permukaan dan dudukan rel-DIN
·
Baterai cadangan 300 jam (TB38N, 39N)
·
Penggantian baterai dari sisi depan.
·
96 pengoperasian per hari
·
Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·
Mudah dibaca dan disetel, layar jam.

Tipe dudukan permukaan
Seri TB35N, 38N (Tipe
kotak baja)
·
Kotak baja kuat
·
Program 24 jam
·
Dudukan permukaan
·
Baterai cadangan 300 jam (TB38N)
·
Penggantian baterai dari sisi depan.
·
96 pengoperasian per hari
·
Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·
Mudah dibaca dan disetel, layar jam.

Tipe dudukan permukaan
Seri TB43N (Tahan
cuaca)
·
Tipe tahan cuaca (IP53)
·
Program 24 jam
·
Dudukan permukaan
·
Baterai cadangan 300 jam
·
Penggantian baterai dari sisi depan.
·
96 pengoperasian per hari
·
Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·
Mudah dibaca dan disetel, layar jam.

Tipe dudukan permukaan
Seri TB17N, TB11N
·
Program 24 jam
·
Pengoperasian HIDUP/MATI diatur dengan pin terpisah
·
Dengan saklar HIDUP/MATI manual
·
Baterai cadangan 300 jam (TB11N)
·
Penggantian baterai dari sisi depan.

Tipe permukaan & dudukan rel DIN
Seri TB21
·
Mudah disetel dengan saklar pengganti mode
·
Kapasitas tinggi Beban resistif: 30A,
Beban induktif (cosø=0,6): 12A
Beban induktif (cosø=0,6): 12A
·
Program 24 jam (TB2118) / Program mingguan (TB2128)
·
Permukaan dan dudukan rel-DIN
·
Baterai cadangan 5 tahun

Tipe dudukan rel DIN
Seri TB559, 556, 564,
563
·
Program 24 jam (TB559, TB556)
·
Program mingguan (TB564, TB563)
·
Cadangan baterai 300 jam (TB556, TB563)
·
Dengan pin penyetelan logam kuat
·
Modul DIN 3P

*1. Akurasi waktu operasi ±30 menit.
Tipe dudukan rel DIN
Seri TB62 (Digital)
·
Tipe mingguan
·
Baterai cadangan 6 tahun
·
Dengan tombol HIDUP/MATI manual
·
Penguncian tombol manual dapat diterapkan
·
Fungsi penyetelan hari libur
·
Fungsi pergantian ±1 jam
·
Modul DIN 2P

Tipe dudukan panel DIN 72
Seri TB37, TB45
·
Program 24 jam
·
Baterai cadangan 180 jam (TB45)
·
Penggantian baterai dari sisi belakang.
·
96 pengoperasian per hari
·
Waktu pengalihan terpendek dalam 15 menit.
·
Dengan saklar manual HIDUP/OTOMATIS/MATI
·
Mudah dibaca dan disetel, layar jam.

Tipe dudukan panel DIN 72
Seri TB27
·
Mudah disetel dengan saklar pengganti mode
·
Program 24 jam (TB271018) / Program mingguan
(TB272018)
(TB272018)
·
Pemasangan panel DIN 72
·
Baterai cadangan 5 tahun

III. Segmentasi Produk /
Jasa
di
mana perusahaan Panasonic berusaha untuk memasarkan produknya di Indonesia dan
sampai keluar negri. Biasanya tergantung pada kualitas produk perusahaan dan
sifat kompetisi yang mempekerjakan perusahaan saingan dalam mencoba untuk
memperluas pangsa pasar.
Bauran
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pansonic adalah :
Produk: produk Panasonic dengan berbagai bentuk penawaran mulai dari produk listrik rumah hi-fi sistem untuk peralatan penyiaran dan alat elektroni seperti Televisi, lemari es, Air Connditioner (AC) khususnya mesin cuci dan masih banyak lagi, Sehingga panasonic merupakan salah satu perusahaan unik bagi para pesaingnya.
Produk: produk Panasonic dengan berbagai bentuk penawaran mulai dari produk listrik rumah hi-fi sistem untuk peralatan penyiaran dan alat elektroni seperti Televisi, lemari es, Air Connditioner (AC) khususnya mesin cuci dan masih banyak lagi, Sehingga panasonic merupakan salah satu perusahaan unik bagi para pesaingnya.
Harga: Harga
merupakan alat yang penting dalam kompetisi dan dengan demikian perusahaan
menggunakannya sebagai mekanisme untuk mengalahkan atau menjatuhkan para
pesaingnya dalam memasarkan pruduk. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ini
menjadi pemimpin pasar karena harga murah terkait dengan produk yang
ditawarkannya dari pada harga produk yang tawarkan oleh pesaingnya.
Strategi
manajemen saluran distribusi. Selama ini Panasonic masuk lewat saluran
tradisional maupun modern. Pt Panasonic menjual melalui ritel modern, special
store, distributor independen, serta cabang pemasaran. Kontribusi terbesar
terhadap total penjualan selama ini datang dari ritel modern.
1.
Tempat: Merupakan saluran distribusi penjualan setiap
perusahaan dan perusahaan Panasonic memiliki saluran distribusi terbaik yang
telah mengakibatkan peningkatan tingkat keuntungan perusahaan.
2.
Promosi: Perusahaan Panasonic telah terlibat sendiri
dalam kegiatan promosi produk hingga ke Inggris dan hasil yang signifikan telah
dicapai karena konsumen telah merespon dengan baik produk-produk panasonic.
3.
Alat yang digunakan sabagai bauran komunikasi terhadap
masyarakat yang dilakukan Panasonic:
Kegiatan : biasanya panasonic mengadakan suatu kegiatan sepeti jalan santai, acara hari kemerdekan dan lain-lain. biasanya produk panasoni merupakan salah satu doorprice yang diberika terhadap masyarakat, itu bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor : panasonic sering memberikan sposor dalam acara-acara besar seperti frestival Band dan sebagainya dan itu juga salah satu usaha agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Kegiatan : biasanya panasonic mengadakan suatu kegiatan sepeti jalan santai, acara hari kemerdekan dan lain-lain. biasanya produk panasoni merupakan salah satu doorprice yang diberika terhadap masyarakat, itu bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor : panasonic sering memberikan sposor dalam acara-acara besar seperti frestival Band dan sebagainya dan itu juga salah satu usaha agar masyarakat dapat lebih mengenal produk panasonic.
Sponsor
Panasonic dibuat dengan memberi dukungan untuk sejumlah acara dan kegiatan yang
menyuarakan filosofi untuk memberi sumbangan kepada masyarakat dengan
menyediakan teknologi modern.
IV. Analisis Situasi
Pasar
Tahun fiskal Panasonic pada periode April
2012-Maret 2013, produsen asal Jepang tersebut mencatatkan pertumbuhan
penjualan sebesar 17%. Di tahun fiskal sekarang, yakni April 2013-Maret 2014,
Panasonic menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 20%. Untuk mencapai target
tersebut, tentunya perusahaan yang berkantor pusat di Osaka Jepang tersebut
harus mempunyai strategi jitu.
Strategi di 2013, mengusung tiga pilar yang
akan jadi backbone(tulang
punggung) perusahaan agar bisa terus tumbuh dengan baik,"
Tiga pilar utama Panasonic tersebut adalah Air Conditioner (AC), kulkas, dan mesin cuci. Ketiga produk ini juga yang menjadi penyokong terbesar penjualan Panasonic di tahun fiskal lalu hingga mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 17%. Dengan pertumbuhan 17% tersebut, Panasonic meraih pangsa pasar penjualan di Indonesia sebesar 15%.
V. Analisis Pesaing
1.
Ancaman dari pendatang baru
Para
pendatang baru memiliki kapasitas atau kemampuan yang lebih dalam menjalankan
usahanya untuk merebut pangsa pasar para pesaingnya.
2.
Daya tawar pembeli
Para pembeli produk
Panasonic diantaranya konsumen awam, pebisnis dan industri. Daya tawar pembeli
dapat mempresentasikan kekuatan intensitas persaingan di suatu industri
VI. Strategi Promosi
Perusahaan pun tidak hanya mengandalkan penjualan produk-produk
rumah tangga. Panasonic mengembangkan bisnis system solutions, di
mana produknya seperti produk kamera keamanan (CCTV) dan papan tulis elektrik
untuk sekolah (panaboard). Inilah yang disebut dengan strategi kategori utama.
Bisnis ini pun berkembang pesat dengan pertumbuhan lebih dari 20 persen di
kuartal I tahun ini.
Kelima strategi pemasaran yang dijalankan berbuah manis.
Pertumbuhan penjualan tercatat 15 persen. Produk yang memberikan kontribusi
besar bagi penjualan adalah TV, audio, AC, dan kulkas.
VII. Media
Promosi berbasis TI
1.
Advertising pada website public yang sering
atau paling banyak dikunjungi pengguna.
2. Melalui
facebook dan web web lainnya
VIII. Komentar
Menurut saya produk ini
sangat bagus dan bermanfaat, dijaman yang modern ini banyak produk yang semakin
berkembang dan perusahaan ini telah mengembangkan beberapa produk sesuai era di
jaman ini. Terutama dengan adanya web. Dengan ada nya website tentang PT
Panasonic ini memudahkan orang untuk mendapat informasi dan mengupdate tentang
apa saja barang yang terbaru.
Pada website tersebut terdapat
spesifikasi dari barang barang yang ada pada website tersebut. Dan PT Panasonic
ini juga sudah terpercaya dan memiliki beberapa penghargaan karna setiap barang
yang di produksinya tidak diragukan lagi. Apalagi barang barang yang ada pada
PT Panasonic ini adalah barang barang atau alat kebutuhan rumah tangga.


















yuk main sabung ayam online
BalasHapusPT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id